Pages

Sunday, May 12, 2013

ABSTRAK SKRIPSI


ABSTRAK

ADDI MUHAEMIN. 2013. The Influence of Using Realia as Teaching Media  in Teaching Vocabulary on the Students’ Vocabulary Mastery (An Experimental Study at the Fourth Grade of SDN Nagarawangi 2 Tasikmalaya).  Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang penting, karena digunakan sebagai alat komunikasi antar negara. Oleh karena itu penting untuk mempelajari dan menguasai bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Dalam mempelajari bahasa Inggris  siswa-siswa banyak mengalami kesulitan yang menghambat mereka dalam menguasai bahasa Inggris. Salahsatu kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris adalah menguasai kosakata atau vocabulary. Mempelajari kosakata merupakan dasar dalam mempelajari suatu bahasa.  
Dalam proses pembelajaran kosakata dibutuhkan media pembelajaran yang tepat supaya siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah. Realia merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk kemudahan siswa dalam pembelajaran bahasa inggris.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan kosakata siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Nagarawangi 2 Tasikmalaya sebanyak 52 siswa dan penulis mengambil kelas IV-A sebanyak 23 siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling.
Untuk membantu penulis dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan tes sebagai instrument. Pertama, penulis memberikan pre-test kepada siswa untuk mengukur kemampuan pemahaman membaca mereka sebelum diberikan treatment. Selanjutnya siswa diberikan treatment menggunakan media realia sebanyak 3 kali pertemuan. Pada tahap akhir penulis memberikan post-test kepada siswa, sehingga diperoleh data yang dibutuhkan untuk dianalisis dan dihitung dengan menggunakan rumus t-test.


Setelah data terkumpul diketahui bahwa sebelum diberikan treatment dengan menggunakan media realia rata-rata hasil pre-test 67.8. Kemudian setelah melakukan treatment, diketahui hasil rata-rata pada post-test 79.1. Dari hasil analisa data yang menggunakan t-test diperoleh  dan . Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa -ttable > tobserved < +ttable. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang penulis ajukan diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media realia terhadap kemampuan penguasaan kosakata siswa.

No comments:

Post a Comment