Pages

Thursday, June 7, 2012

Proposal Experimental Research: THE INFLUENCE OF USING ENGLISH SONGS AS TEACHING MEDIA ON THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY


A. Latar Belakang
       Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kita tidak dapat berkomunikasi dengan sempurna dengan orang lain tanpa bahasa. Ada beberapa macam bahasa di dunia, salah satunya adalah bahasa inggris. Bahasa inggris digunakan di berbagai negara untuk berkomunikasi dengan sesama, karena bahasa inggris adalah bahasa internasional. Oleh karena itu bahasa inggris sangatlah penting untuk dipelajari di setiap sekolah.
       Di Indonesia, bahasa inggris adalah bahasa asing pertama yang dipelajari di setiap tingkatan sekolah. Dalam belajar bahasa inggris siswa harus banyak mengenal berbagai kosakata dalam bahasa inggris, mereka harus belajar arti dari kata dan cara penggunaannya. Kosakata sangat penting untuk diperkenalkan pada siswa sedini mungkin, sehingga siswa tidak akan menemukan banyak kesulitan dalam belajar bahasa inggris. Dengan menguasai kosakata siswa akan mampu memahami bahasa baik secara lisan ataupun tulisan. Siswa diperkenalkan dengan kata benda,  kata kerja dan kata sifat. Pada dasarnya pengenalan kosakata bahasa inggris pada siswa sekolah dasar tidak selalu mudah. Untuk membuat siswa mudah mempelajarinya guru harus menggunakan media pengajaran atau teknik pengajaran yang sesuai untuk diajarkan dikelas.
       Dalam mengajar kosakata bahasa inggris seorang guru harus aktif dan kreatif dalam media pengajaran yang sesuai untuk mengenlakan kosakata bahasa inggris pada siswa. Media pengajaran digunakan guru untuk membantu menyampaikan materi pelajaran di dalam kelas. Seorang guru harus mampu memilih media pengajaran yang sesuai untuk menyampaikan materi yang berhubungan dengan materi yang akan diberikan.
       Lagu adalah salah satu media pengajaran yang sering digunakan dalam mengajar kosakata. Dengan menggunakan lagu dalam proses pengajaran akan membuat lebih menarik dan mudah untuk mengingat kosakata karena disajikan dengan cara yang menarik siswa. Dengan menggunakan lagu, guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan yang ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari.
       Penulis ingin mencoba memberikan lagu dalam bahasa inggris sebagai media pengajara, karena anak-anak khususnya siswa sekolah dasar masih ingin bermain. Maka dari itu penulis akan memberikan media pengajaran yang menyenangkan agar siswa tertarik dengan materi yang akan diajarkan.
       Berdasarkan gambaran diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui pengaru media pengajaran lagu bahasa inggris dalam penguasaan kosakata siswa dengan judul “ The influence of using English song as teaching media on students’ vocabulary mastery.”  

B. Rumusan Masalah
       Berdasarkan permasalahan diatas, penulis merumuskan masalah penelitian ini sebagai berikut “Apakah penggunaan media lagu dalam bahasa inggris berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa kelas 4 SD Negeri nagarawangi 2 Tasikmalaya dalam menguasai kosakata bahasa inggris.

C. Tujuan Penelitian
       Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lagu dalam bahasa inggris terhadap kemampuan siswa kelas 4 SD negeri Nagarawangi 2 Tasikmalaya dalam menguasai kosakata bahasa inggris.

D. Kegunaan Penelitian
     1. Manfaat teoretis
       Memberikan informasi awal kepada peneliti selanjutnya mengenai penggunaan media english   songs.
     2.Manfaat praktis
     Memberikan informasi kepada para pengajar tentang pengaruh media english songs dalam pengajaran vocabulary di tingkat sekolah dasar.
     3. Manfaat empiris
      Menambah pengalaman penulis tentang penulisan karya ilmiah khususnya mengenai penggunaan english songs di tingkat sekolah dasar.

E. Landasan Teoretis
    1. Deskripsi Penguasaan Kosa Kata
        a. Definisi Penguasaan Kosa Kata
       Kosakata adalah faktor utama yang sangat penting  dan hal dasar dalam belajar bahasa. Oleh karena itu siswa harus menguaasai kosakata bahasa inggris sebagai bahasa asing. Menurut Suyanto, Kasihani K.E. (2007:43), “Kosakata merupakan kumpulan kata yang dimiliki oleh suatu bahasa dan memberikan makna bila kita menggunakan bahasa tersebut.” Dan menurut Hornby, A.S. (2000:144). “Vocabulary is all the words that a person knows or uses.”
Dari pernyataan diatas kosakata adalah komponen terpenting dalam mempelajari bahasa, karena kosakata adalah hal dasar yang harus dipelajari dalam belajar atau mengenla bahasa.
Menurut Bee English Dictionary (2012) “ Mastery is great skillfullness and knowledge of some subject or activity.” Dan menurut Hornby, A.S. (2007:788), “ Mastery is great knowledge about or understanding of a particular thing.”
    Dari pernyataan diatas, penulis menyimpulkan bahwa penguasaan adalah kemampuan menguasai, mengetahui, dan memahami hal-hal tertentu.
Penguasaan kosakata sangat penting dan mempunyai banyak manfaat. Menurut Stafford, Patti (2009:11) “Benefits of good vocabulary are communicate more effectively, improve self-confidence, improve self-esteem, adds sophistication to speech, better or more job offers, improves people’s perception of you.”
     Berdasarkan penjelasan diatas penulis menyimpulkan bahwa penguasaan kosakata adalah kemampuan menmguasai, mengetahui, dan memahami kata-kata dalam bahasa tertentu.

    2. Deskripsi English Songs
        a. Definisi Media Pengajaran
       Media merupakan alat untuk menyampaikan informasi atau materi pengajaran kepada siswa.
  1. Munurut Arsyad, Azhar (1966:4-5), “Media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.”
  2. Menurut Rohayati, Nia (2010:15), “Media is the instrument of giving information.” Artinya media adalah alat dalam memberikan informasi.

       Berdasarkan beberapa definisi diatas, penulis menyimpulkan bahwa media adalah alat yang digunakan untuk membantu dalam proses belajar mengajar.
Pengajaran adalah proses penyampain informasi tentang materi pengajaran kepada siswa agar siswa dapat memahami isi materi tersebut.
  1. Menurut Reber (1988) yang dikutip oleh Muhibbinsyah (2010:33), “Pengajaran berarti: pendidikan atau proses perbuatan mengajarkan pengetahuan.”
  2. Menurut Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai (2009:1), “Proses pengajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.”
  3. Menurut Cambrige International Dictionary of English yang dikutip oleh Harmer, Jeremy (2002:56), “Teaching means to give (someone) knowledge or to instruct or train (someone).” Artinya, pengajaran merupakan memberikan pengetahuan kepada seseorang atau melatih atau mendidik seseorang.
       Berdasarkan definisi diatas, penulis menyimpulkan pengajaran merupakan proses membimbing siswa sehingga memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk masa depan.
Berdasarkan definisi-definisi tersebut, media pengajaran adalah alat untuk memberikan informasi dari pengajar kepada siswa sehingga dapat mempengaruhi siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

       b. Jenis-jenis Media Pengajaran
Menurut Brets dikutip oleh R. Ibrahim dan Nana Syaodih (1996:114), jenis-jenis media adalah sebagai berikut:
  1. Audio-motion-visual
  2. Audio-still-visual
  3. Audio-semi-motion-visual
  4. Motion visual media
  5. Still visual media
  6. Audio media
  7. Prints media
  8. Realia media
  9. Song media
       Dalam penelitian ini penulis hanya memfokuskan menggunakan media pengajaran song media.

     c. Definisi English Song
       Banyak cara yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Lagu dapat digunakan sebagai media dalam mengajarkan kosakata dalam bahasa inggris.
Lagu adalah salah satu karya seni global dan dapat dinikmati dalam situasi yang berbeda. Menurut Fanther, Revaldo (2009) “lagu adalah sebuah pengingat memori masa lalu.”
Menurut Medina, Suzanne (1993), “The use songs in the classroom activities familiarizes students with common vocabulary and sentences construction as phrase are constantly repeated.” Dan menurut Suyanto, K.E. Kasihani (2008:114), “Lagu dan irama merupakan bagian dari kehidupan anak-anak dan juga merupakan alat atau media pembelajaran bahasa untuk anak.”
Berdasarkan defini-defini tersebut, penulis menyimpulkan bahwa lagu adalah sekumpulan kata-kata yang memiliki irama tertentu yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak.

3. Pengaruh penggunaan lagu bahasa inggris terhadap penguasaan kosakata siswa.
       Lagu bahasa inggris adalah salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan penguasaan kosakata mereka, karena dalam lagu terdapat kata-kata yang berhubungan dengan materi yang disampaikan pada siswa. Dengan lagu bahasa inggris, siswa disukung untuk mengingat bebrapa kosakata yang diberikan oleh guru dengan harapan siswa akan lebih tertarik dalam belajar bahasa inggris terutama belajar kosakata.
Dengan menggunakan lagu siswa akan lebih senang, karena lagu adalah aspek yang sangat menarik dalam kegiatan yang menyenangkan. Lagu akan lebih efektif dan bermanfaat bagi guru maupun siswa. Guru dengan mudah dapat menyampaikan pengetahuannya dalam aktifitas belajar mengajar bahasa inggris dan kosakata siswa akan lebih baik.

4. Penelitian yang Relevan
       Penelitian ini relevan dengan skripsi yang ditulis oleh Nurjanah, Ida (2010) yang berjudul “The influence of using english songs lyric as teaching media on student’s vocabulary mastery” (an experimental study of the fifth grade of SDN Nagarawangi 2 Tasikmalaya).” Nurjanah, Ida menyimpulkan “english songs can help the teachers when they give the vocabulary to the students, because using english songs lyric can attract the students to give more attention in learning English vocabulary, so it can maximize the student’s ability to accept material easily.” Maksudnya dengan menggunakan media english songs lyric, siswa akan lebih tertarik dan akan memusatkan perhatian terhadap materi yang diberikan.

F. Kerangka berpikir
       Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan diri. Pendidikan mencakup berbagai hal, salah satunya adalah pendidikan bahasa inggris.
Sekarang ini, pendidikan bahasa inggris dijadikan pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Pelajaran ini dimulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Pada tingkat sekolah dasar, pengajar lebih sulit mengajarkan bahasa inggris, karena bahasa inggris adalah bahasa asing. Salah satu pelajaran yang sangat mendasar dalam mempelajari bahasa inggris adalah vocabulary. Menguasai vocabulary sangatlah penting sebagai dasar awal mempelajari bahasa inggris.

G. Definisi Operasional
1. Students’ vocabulary mastery:
Penguasaan vocabulary pada siswa kelas 4 sekolah dasar.

2. English songs :
Kumpulan kata yang memiliki irama atau nada tertentu. Lagu yang digunakan dalam penelitian ini adalah Part of Body, My Bedroom dan Transportation

H. Hipotesis
       Penulis menyatakan hipotesis penelitian ini sebagai berikut: “pengajaran vocabulary menggunakan media english songs memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan siswa SD Negeri Nagarawangi 2 Tasikmalaya.
I. Prosedur Penelitian
   1. Metode Penelitian
       Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen. Menurut Sugiyono (1994:4), “Penelitian dengan pendekatan eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. ”Itu berarti metode eksperimen adalah salah satu metode untuk menemukan pengaruh dari satu variabel terhadap variabel yang lain.
   2. Variabel Penelitian
Dalam penelitian ini, terdapat 2 variabel, yaitu:
        a. Independent  Varible (Variabel Bebas)
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media english songs yang disimbolkan dengan X.
        b. Dependent  Varible (Variabel Terikat)
Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan vocabulary siswa yang disimbolkan dengan Y.

   3. Teknik Pengumpulan Data
       Dalam melakukan pengumpulan data penelitian ini penulis menggunakan tes. Menurut Arikunto, Suharsini (2006:150), “Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan, atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.” Penulis melakukan tes sebelum dan sesudah menggunakan media songs (lagu). Pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan mendengarkan siswa sebelum menggunakan media english songs. Sedangkan postest digunakan untuk mengetahui kemampuan mendengarkan siswa sesudah menggunakan media english songs.  

   4. Instrument Penelitian
Instrument penelitian adalah alat yang digunakan dalam pengumpulan data. Instrument penelitian yang digunakan penulis yaitu objektif tes dalam bentuk tes pilihan ganda dan menjodohkan kata.
       a. Uji Validitas Butir Soal 
       b. Uji  Reliabilitas Butir Soal

   5. Disain Penelitian
       Penelitian eksperimen membutuhkan disain penelitian yang dapat digunakan dalam melakukan penelitian.
       Untuk membuat penjelasan mengenai apa yang dilakukan penulis dalam penelitiannya, penulis membuat disan, sebagai berikut  :

                01                                X                    02
(Pre-Test)         (Treatment)        (Post-Test) 

( media English songs)
(Arikunto, Suharsini, 2006:85)
   6. Populasi dan Sampel
       a. Populasi
         Menurut Freankel, Jack.R.dan Norman E.Wallen (1993:8) “The Population is the group of interest to the researcher, the group to whom the researcher would like to generalize the results of the study.” Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Nagarawangvi 2 Tasikmalaya tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 30 siswa.
       b. Sampel
        Sampel menurut Best, John. W (1981:8), “a sample is a small proportion of a population selected for observation and analysis.”  Dari populasi diatas penulis mengambil sampel siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 35 orang dengan menggunakan total sampling technique.

7. Langkah – langkah Penelitian
Penulis melakukan penelitian ini dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Merumuskan masalah dan tujuan penelitian;
  2. Merumuskan hipotesis penelitian;
  3. Menentukan populasi dan sampel;
  4. Membuat instrument penelitian;
  5. Mengujikan instrument kepada non sampel;
  6. Memberikan pre-test kepada kelas sampel;
  7. Memberikan pengajaran dengan menggunakan media English songs kepada kelas sampel;
  8. Memberikan post-test kepada kelas sampel;
  9. Mengumpulkan data;
  10. Mengolah dan menganalisis data;
  11. Membuat kesimpulan.
   8. Teknik Pengolahan dan Analisi Data
       Untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test penulis menggunakan uji Wilcoxon yang terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Dengan rumus :

9. Waktu dan Tempat  Penelitian
       Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Juni 2011 di SDN Nagarawangi 2 Tasikmalaya.

Daftar Pustaka
Suyanto, Kasihani K.E. (2007) English for Young Learner. Jakarta: Bumi Aksara.
NN. (2010). Bee English Dictionary. [online] Tersedia:
http://www.beedictionary.com/dictionary/meaniong/mastery
R. Ibrahim and Nana Syaodih S. (1996). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan PT. Rineka Cipta
Medina, Suzanne. (1993) Developing Pronounciation Through Song. [online] Tersedia: http://www.TESOLTrainingCourse.com
Stafford,  Patti. (2009). Why Improving and Increasing Vocabulary is Important? [online] Tersedia: http:///www.bloggingtips.com/2009/09/03/why-improving-increasing-vocabulary-is-important
Fanther, Revaldo (2009). “Refaldology” [online]. Tersedia: http://refaldology.wordpress.com/2009/05/22/lagu-adalah
Suyanto, Kasihani K.E. (2008). English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Download di sini untuk file proposal.

7 comments:

  1. versi bahsa ingrisnya ga ada ya ?

    ReplyDelete
  2. that's great writing :) sangat membantu :)

    ReplyDelete
  3. ini sebelumnya udah jadi judul skripsi belum? soalnya saya mau jadiinnya judul skripsi !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya buku tentang ini kak, atau skripsinya udah siap, boleh saya minta filenya

      Delete
  4. Ada yg punya buku tentang ini??
    Boleh pinjam

    ReplyDelete
  5. ini gak ada versi inggrisnya kak ;(

    ReplyDelete