Pages

Friday, August 31, 2012

Kesan Dan Pesan Anggota Kelompok 54 Selama KKN Di Desa Kertanegla Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya


Ngga kerasa KKN sudah berakhir, ngga kerasa juga bakalan sedih pisah sama teman-teman, tepatnya keluarga besar KKN kelompok 54. Bener kata teh Nchiew "teu karasa..mimiti ma nangis gara-gara hoream kkn da jauh tea.. ayeuna mah nangis gara papisah jeung barudak . :( " Sebenarnya bukan sedih karena berpisah, kita masih bisa bertemu di kampus. Tapi yang membuat sedih adalah hilangnya kebiasaan kebersamaan selama KKN yang tak mungkin terulang lagi. Pagi ini juga teh' Nur' ngsms "I.M sangu goreng asak yuh.. geura nyandak piring", "Pagi2 tos keeung hate, dunia asa berubah ,, sepiiii" -Mimi. Menyenangkan sekali bisa bersama kalian, meskipun ada masalah dan konflik alhamdulillah kita semua bisa melaluinya. We are family, si Agy aja yang hobinya pulang ke Tasik bilang "Kudu aya acara kumpul-kumpul deui euy". Jangan hanya sampai beres KKN hubungan dan kebersamaan kita. Heuay, Hayam, Belis, Ikkkeuh, Taluk!!, Harrr, KaBalong, Utah Getih, Raheut jeung Raheut, Oh Fuck,

Nchiew
Kesan dan pesan selama KKN..

"Kelompok 54 Dusun CIpatat Desa Kertanegla Kecamatan bojonggambir banyak memberikan saya banyak pelajaran dan pengalaman hidup yang sangat berharga yang tidak akan pernah saya lupakan sampai kapanpun itu..
Teman2 yang sangat perduli terhadap satu sama lain,,teman2 yang selalu solid,,teman2 yang begitu perhatian,,dan teman2 yang tidak akan pernah saya lupakan selamanya..
Juli 2012 pertama kali saya melihat pengumuman pembagian dan penempatan kelompok KKN,,saya langsung menangis karena saya ditempatkan di bojonggambir,yang kata orang tempatnya jauh dan jalannya pun sangat jelek..Dan saya terima dengan lapang dada,,mudah2an semua ada hikmahnya..
24 Jui 2012 KKNpun dimulai,,kita berkumpul di kampus dan berangkat secara kolektif..Sebelumnya saya hanya bertemu beberapa kali dengan teman2 sebelum pemberangkatan,,dan belum tau sifat dan karakter masing2..Dan Alhamdulillah setelah KKN berjalan saya bisa menemukan sebuah keluarga baru,,sebuah persahabatan yang akan terus abadi..Walaupun hanya tidur dengan beralaskan tikar dan karpet,,makan seadanya asalkan perut kenyang,,mandi yang tidak biasa karena selalu diburu2 oleh tman yang lain,,kondisi jalan yang parah..Ini semua sebuah pengalaman yang sangat berharga dalam hidup saya..
Selama kurang lebih 35 hari kita menjalankan KKN,,kita bersama,,kita berkumpul,,makan bareng,,ketawa bareng,,nangis bareng..30 agustus 2012 kita semua harus berpisah,,kembali ke rumah masing2.
Diawal KKN saya menangis,,Diakhir KKNpun saya menangis karena akan berpisah dengan teman2 yg lainnya..
Hari ini,,pertama kali kita semua berada di rumah masing2,,berasa ada yang berbeda.Kangen kalian semua.. Walaupun dikamar bisa tidur enak,selimut besar dan tebal,kasur empuk plus bantal dan guling..Semuanya menjadi tidak berarti karena harus kehilangan suasana dan keadaan tidur di posko,walau tidur hanya beralaskan tikar,bantal yg kecil,selimut yg tipis..tetapi kebersamaan yg selalu kita rasakan saat memulai hari dpagi hari dan mengakhiri hari d mlm hari.
semuanya tidak akan pernah bisa terbayarkan oleh apapun juga..
Kangen Mimi (Semi) yang hobinya makan wajit & gulampo,,kangen Amoy (Ami) si kecil yg tidak pernah bisa diam,kecuali tidur dan makannya rakus..hehe,,kangen cathy_LEX (santi) yang selalu riweuuuhhhh..Kangen Teh Olot (Teh Maya) si tukang masak,,Kangen Lien/Nuuyyy (Nurlina) yang kalo ngomong logatnya “ngalaeuu”..he,,kangen Mamih (Lutfah/lulu) yang selalu bawa makanan kalo pulang jalan2/ngabuburit,,kangen Umi (Teh Wulan) yang selalu jadi alarm buat sholat subuh,,Kangen Ita (Anggita) situkang ngulek..hehe,,Kangen Pa kordes (Asep) yg suka nyanyi seriosa,,Kangen Akew (A kemal) yg suka nagih brownies sampe skrg,,Kangen Emmmmiinn (Addi) yg selalu Nimbrung di dapur gara2 takut kehabisan makanan,,Kangen si Iiiiikeeeuuhh (Dede) si tukang ngaheureuyan wae,,Kangen si goyang itik (Agy) si riweeuuhh anus sok gandeng wae,,Kangen HapHap (Abdul) yang paling bongsor diantara semua,,Kangen Sinchan (Raka) yang paling narsisss diantara semua,,Kangen Hasbi yang selalu diammm,,Kangen Urip yang kalo ditanya “Heyy,,aya saha di Wc” selalu jawab “Aa nenggg”,,Kangen Ncahh (Cahya) yang kalo tidur pake kaos kaki merah selutut kayak girlband,,Kangen Ikfan yang katanya mirip si bapa dari lppm yang dating pas sidak.."


Pesan untuk semuanya..
Jangan lupain nchiw yaa..
Jangan lupain juga kelompok 54..
Jangan lupain semua kenangan yang pernah kita lakukan bersama2,,baik itu kenangan yang manis,,bahkan pahit sekalipun..

Mohon maaf buat semuanya..
“Jabat tanganku, mungkin untuk yang terakhir kali
Kita berbincang tentang memori di masa itu
Peluk tubuhku usapkan juga air mataku
Kita terharu seakan tiada bertemu lagi

Bersenang-senanglah
Karna hari ini yang akan kita rindukan
Di hari nanti sebuah kisah klasik untuk masa depan
Bersenang-senanglah
Karna waktu ini yang akan kita banggakan di hari tua

Sampai jumpa kawanku
Semoga kita selalu
Menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan
Sampai jumpa kawanku
Semoga kita selalu
Menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan

Mungkin diriku masih ingin bersama kalian
Mungkin jiwaku masih haus sanjungan kalian
_sheila on7 (sebuha kisah klasik)_

Terimakasih sahabat.. ^.^

Ncahya

"Menakjubkan banget"
Pesan kangge sadayana poko na mah teu meunang dugi ka mopohokeun anggota kel kkn 54"









Aang Abdul

"Jangan lupakan kenangan yang tak kan bisa terulang lagi, aang's"











Mimi

"Karna hari ini yang akan kita rindukan
35 hari di kerta negla, Bojong gambir, kebersamaan yang tak terlupakan.
Memulai hari di bulan ramadhan dengan orang-orang yang masih asing, ditempat asing, yang segalanya asing, yang semakin lama menjadi sebuah kebiasaan keseruan yang tak asing lagi.
Merindukan segala hal yang tak biasa yang dilakukan di posko, hal tak biasa yang menjadi kerinduan,mulai dari ngantri kamar mandi, makan bareng, nonton bareng ,karokean bareng, make up bareng, mandi bareng (kaum hawa),masak bareng, berimajinasi di kolbak bareng, curhat malam, dan segala kegiatan yang dilakukan bersama.
Sholat teraweh yang membuat pegaaaal,pegal kaki pegal tangan pegal pinggang,,,
Kerusuhan yang tiap pagi dilakukan karna “eweuh sangu” lapeeeeer,,,,,,,
Meskipun hanya 35 hari kebersamaan semuanya akan terkenang sampai kapanpun,hidup satu rumah membuat kita cepat mengenal, berasa satu keluarga,,,
Kangeeeeeeeeeeeeeen nya buangedh buangedh
Rindu mendengan kata-kata alaaay ,,, shinchan yang menyebalkan,,santi yang jete,,masak nasgor bareng lina, yang jago ngulek hahah,,,,,,emin yang terus lapeeeeeeeeeeeeer,,,,,liat c agy goyang itik,,,mamih yang gag pernah durhaka ,,,Rindu keamanan ,amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,tapi da......  teh may alias lot’s ,,,,,,,,,boci bareng nciw.......rindu ita,,,,,,, tteh wulan,,a dede yang kehilangan banyak harga diri , a kemal  si raja alay, pak ketu yang selalu membawa cimol tiap pulang jalan-jalan,,, ikfan,cahya,hasbi,a abdul,dan mas ur yang selalu rame,,,,,dan yang terakhir rindu ketiga juru masak kita,, bi ita,teh teti,dan teh ina,,,,,
Pesan buat semuanya,, tong hilap nya ka mimi cute,,, komunikasi harus berjalan selancar jalan tol,,,,,,tidak ada perpisahan,,,,karna kita semua keluarga,,,
Sepertinya kesedihan terlalu cepat datang karna harus berpisah,,,sedih mengingat saat-saat kebersamaan ,,,,,,,"

Lil' Am

 "Salam Taluk !!!
Ami Almira si budak leutik mau bercerita selama KKN di Kecamatan Bojong Gambir, Desa Kertanegla,Dusun Cipatat.
            Jalanan berkelok itu kering, setelah melewati hamparan kebun teh dari Taraju sampai memasuki daerah Kecamatan Bojong Gambir menuju Desa Kertanegla. Jalanan beraspal batu, yang bukan hanya kasar namun juga sudah merusak puluhan motor, truk, dan berbagai jenis mobil mudah-mudahan setelah kita sukses nanti kita napak tilas sudah mulus dibalut hot mix.
            Setelah sebulan Ami lewati kemarin, Ami mempunyai sahabat baru dari teman-teman KKN, sahabat yang mempunyai nasib yang sama ditempatkan di desa yang sangat jauh dari keramaian kota, tidak apa lah semua itu terobati dengan suguhan pemandangan yang sangat indah yang tidak akan terlupakan.
            Sejak lama Ami menginginkan suasana rumah yang ramai dan hangat, kasih sayang orang tua yang lebih, kasih sayang seorang kakak, Alhamdulillah Ami menemukan  semua itu di lokasi KKN, suasana rumah yang ramai & hangat serta penuh cerita  siapa lagi kalau bukan kalian semua sahabatku tercinta, kasih sayang orang tua diibaratkan Bapak/Ibu Punduh, Ibu Haji, ibu-ibu yang masak, mamih Lulu,  pokoknya yang di tuakan aja deh,, hee,, kasih sayang seorang kakak diibaratkan Teh Maya & A Kemal peserta KKn yang paling kolot.
            Ami pasti merindukan rumah serta suasananya,heyyyy ,,,, para perempuan kita mempunyai kamar dan di dalamnya ada si kolbak alias tempat tidur, tempat kita curhat masalah program kerja, cinta, pengalaman pribadi, kebencian, kepanikan selebihnya buat bobo subuh & bobo ciang.
            Pasti Kangen” T Maya si kolot yang pelupa, tukang masak yang agak galak dikit hee,,,”, “Semi yang dipanggil Mimi pencinta wajit sejati yang suka dandan, kemana-mana bawa alat perang, suka masak juga, pencetus bahasa alay yaitu cumungut eeea,,,, dan di juluki ratu alay,”Nurlina di panggil enuyyy ibu sekretaris yang kemana-mana bawa laptop kalau di dapur jagonya ngulek orang ciamis tea” ,” Sri Sundari dipanggil nchiw perempuan paling tinggi, bermata sipit, penakut  dan yang selalu mengganggu dia adalah sosok laki-laki yang terlalu berharap yaitu si iikkkeeuuuhh,,, “ , “ Santi yang baru-baru ini dipanggil si kelekkss perempuan mungil paling riweuh se posko dan Alhamdulillah mendapatkan jodoh si Ameks “ , “ T Wulan perempuan muslimah pemakan sayuran dan buah-buahan dan suka mengingatkan kita waktunya solat” , “Anggita  perempuan berkawat gigi, suka beres-beres”, “Lutfah dipanggil Mamih, mamihnya kita semua, tukang dandan pake bulu mata, suka masak apalagi makannya, mamih ini orang paling santai… mih cebu mih… hahahaha” , “ Asep, ketua kelompok kita si kalem kalau lagi santei duduknya kaya burung kaka tua nagog dina bekas kursi yang patah heee,, vis paketu,, , “ Dede Ahmad, mempunyai postur badan tinggi montok baru-baru ini dia pencetus kata ikkkeeeuuuhh,,, dan harga dirinya turun beberapa persen akibat terlalu berharap dicintai perempuan sipit “, “ Addi Muhaemin dipanggil eeeemmmiiinn si heeeaayy,,, makannya banyak tapi tidak lama pasti keluar lagi.. heee…” , “ Raka si ganteng katanya dia lebih suka di panggil Pasha kesukaanya mendoan, bala-bala setengah mateng” , “  A Kemal kakaku hihihihi,,, yang tidurnya mangap,,, “, “ Ustad Urip yang di cintai tokoh masyarakat” , “ Cahya kapalank PUNK paling kalem kalau tidur pasti pake celana pendek trus pake kaos kaki  selutut jiga ek main bola “ , “ Ikhfan berpostur tinggi besar, selalu kalem dan santei “ , “ A Abdul di panggil Aang ada yel yel buat Aang dari  anak-anak HAP HAP HAP HAP TANGKAP TANGKAP,, heee,, setiap acara selalu mngisi pembacaan ayat suci Al-Quran Alhamdulillah sesuatu “, “ Agy, paling rusuh se posko atoh mun ek balik teh, PJ balik, si goyang itik da bohay, tukang foto-foto, gy irung tah mereupan,,, “, “ Hasbi, pendiam katanya tapi baru-baru ini ngalunjak da ek pulang,,  “ . Begitulah sosok-sosok sahabat KKN kelakuannya menghangatkan suasana rumah.
            Setelah itu kita semua meninggalkan kebiasaan hidup bermasyarakat, ketawa bareng, susah bareng, makan bareng, rebutan makanan, tidur bareng, mules bareng sampai ngantri di wc, bahkan sebagian dari kita suka mandi bareng,, tapi sayang setelah melewati semua itu Ami kembali di balut sepi tanpa ada suara kalian & ketawa kalian.
            Jangan lupakan AMI KECIL ya ya ya ya,,,"

U RIP

"Salam hangat terdahsyat buat kelompok 54 KKN Kertanegla Bojonggambir!
"Tiada hari di posko tanpa maen PES di laptop si Agy (Anak Gila, Si Goyang Itik, Si Panitia Balik) piss Gi".Kanggo Dede Ike . .uuuh hatur nuhun kana komentarna katampi pisan. Kanggo sadayana geuning jalan ka cioray teh ukur lima menit, ceuk barudak mah jauh. Inget keneh teu barudak sangu rasa Molto+Angeun Gepuk? tah kade ulah diturutan di bumi. Ka kang Kemal enging utah getih wae,ka kang Raka enging pasea wae sareng mas Hasbi, ka kang Abdul suantena sae tolong tingkatkan!, mas Hasbi kade ulah ngaroko Rasul ge tara ngaroko, Emmm-in kade ulah Aminna ulah siga di ditu, sing islami da Allah ge Maha Uninga, kanggo Ikfan mun tikapungkur nyandak selimut teh, abi wee katirisan, Cahya racikanna kapake, kopi kapal api plus tolak angin MANTAPP!!!
Kanggo istrina terutama kanggo Mamih Lulu Lutfah enging jeba jebi wae, kanggo Ami kecil pami briefing enging spaneng waee, kanggo Santi tong hilap ka si Amex hahah . . !!, Anggita si gigi kawat hatur nuhun tos pangnyetrikakeun levis+acuk KKN abi, teh' Wulan abi noel meuni reuwas jiga kasetrum, Nurlina alias eNur ibu sekertaris anu bageur, buat ayang Mimi enging alay ah isin ku batur ngisinkeun wae Biologi, Mimi ulah poho jalan ka cioray kur 5 menit, teh Nci ikeuuh saur Dede mah, nu bade nikah sing janten keluarga nu sakinah, mawaddah, warahmah (ngurus imah, ngumbah wadah) hahahah . .!! teh' Maya hatur nuhun sok nambutkeun laptopna sareng vidoe klipna sararae, hahah . .!!
Kade hilap kana kawajiban shalat 5 waktu, terus pokona mah ulah hilap wee ka sim kuring."

1 comment: